Jumat, 30 Oktober 2009

Tips Melakukan Soft Break

Salah satu fenomena besar pada turnamen Kejuaraan Dunia 9-Ball tahun ini adalah maraknya penggunaan soft break. Dengan soft break, pebiliard pasti berhasil memasukkan minimal satu bola. Bola yang berada di posisi sayap pada susunan 9-Ball bisa dipastikan akan masuk ke pocket. Malah terkadang bola yang berada di sisi lainnya akan masuk ke pocket pula.


Yang jelas penggunaan soft break ini mengubah secara drastis permainan 9-Ball. Para pebiliard yang tadinya sudah terbiasa dengan pola susunan bola hasil break secara keras harus mengubah strategi karenanya. Makanya biar mudah mengikuti alur jalannya permainan, setidaknya setiap pebiliard harus bisa melakukan soft break pula.
Cara melakukan soft break cukup mudah. Ketika akan memulai break, posisikan bola bidik nyaris dekat ke bantalan meja permainan. Setelah itu lakukan sodokan tepat ke arah bola 1. Sodokan yang digunakan adalah pukulan stop shot dengan sedikit memberi backspin.
Jika posisi bola bidik saat melakukan break berada di sisi kanan meja, bola sayap kanan pada susunan bola sasaran kemungkinan besar akan masuk ke pocket. Sedangkan bola lain yang melakukan pergerakan mengarah ke pocket adalah bola 1. Kemungkinan bola ini akan masuk ke dalam pocket adalah 50:50. Jika tidak masuk setidaknya posisi bola bidik sudah aman ke arahnya. Karena saat menumbuk bola sasaran, bola bidik akan bergerak mundur sedikit sehingga ruang untuk membidik bola 1 akan terbuka.
Agar soft break ini berhasil memasukkan bola seperti di atas, ada persyaratan yang harus dipenuhi. Syarat pertama adalah susunan bola sasaran harus saling melekat kuat satu sama lain. Syarat berikutnya adalah posisi bola 1 harus tepat berada di spot. Jika ini semua sudah terpenuhi, maka hasil soft break akan sempurna.

0 komentar :