Jumat, 30 Oktober 2009

Tips Menentukan Posisi Stik

Hingga saat ini masih banyak perdebatan yang muncul mengenai posisi stik saat akan melakukan sodokan. Kebanyakan teori menyebutkan posisi stik harus berada tepat di bawah dagu. Atau yang disebut-sebut sebagai posisi yang tepat untuk mendapatkan bidikan mata dominan.

Teori ini tidak salah, tapi tidak juga selalu benar. Karena tidak semua pebiliard memiliki karakter permainan yang sama. Begitu pula dengan para pemula yang baru akan mulai mendalami permainan ini. Kalau hanya mengikuti teori, akan ada kemungkinan permainan yang ditekuni kurang memuaskan hasilnya.
Hanya saja awal untuk mencari posisi stik yang tepat, percobaan pertama adalah dengan memposisikannya di bawah dagu. Setelah itu coba lakukan jenis pukulan stop shot. Perhatikan bagaimana arah jalannya bola setelah saling bertumbukkan. Jika lurus dengan arah bidikan, berarti posisi stik sudah tepat. Jika tidak maka harus dipikirkan untuk mencari posisi yang lebih tepat.
Tapi bukan berarti dengan sekali sodokan sudah bisa ditentukan posisi stik tepat atau tidak. Minimal untuk bisa memastikannya harus melakukan 50 kali sodokan terlebih dulu. Kalau memang posisi stik sejak awal sudah dirasa tepat, maka latihan sebanyak ini akan berguna untuk semakin memantapkan sodokan.
Jika setelah 50 kali percobaan arah sodokan tetap tidak konsisten, berarti harus mencari posisi yang lebih pas. Ada dua posisi lagi yang harus dicoba. Tepat di bawah mata sebelah kiri dan mata sebelah kanan. Untuk memastikan posisi yang tepat, lakukan lagi percobaan dengan melakukan 50 kali sodokan stop shot. Jika ketiga posisi ini sudah dicoba, baru bisa ditentukan posisi mana yang paling pas.
Yang harus diingat, percobaan mencari posisi stik yang tepat harus diawali dengan menempatkan stik persis di bawah dagu. Setelah itu baru mencoba posisi yang lain jika posisi awal ini kurang sesuai dengan kebutuhan.

0 komentar :